BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya




Selamat pagi. Tersenyumlah meski matahari tidak menemani sepanjang hari. Musim hujan, hampir setiap sore selalu turun hujan. Aktivitas yang seharusnya bisa terselesaikan kadang harus tertunda. Ada sedikit kekhawatiran saat pulang, basah oleh air hujan dan berbagai masalah yang ditemui dijalan nanti. Seperti hari ini belum genap pukul 12:00 siang sudah turun hujan begitu deras, disela hujan yang begitu deras saya mendapat tantangan untuk mengikuti lomba blogger dengan tema “Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya”. Tanpa berpikir panjang langsung saya terima tantangan tersebut.

Setiap hari kita selalu menerima berbagi informasi, entah itu cerita atau sekedar pengalaman seru, namun dibalik itu semua sebenarnya terkandung intisari yang bisa kita manfaatkan atau lebih tepatnya ada ilmu dibalik percakapan yang kita lakukan. Ilmu tadi jika hanya sekedar didengarkan maka akan lewat begitu saja mungkin hanya sedikit yang bisa diingat. Nah, bagaimana caranya agar ilmu tadi bisa lebih awet dan selalu terkenang, salah satunya adalah dengan menuliskannya. Memang menulis sekarang bukanlah cara yang diminati karena terkesan kurang populer, di era serba canggih orang lebih memilih untuk merekam atau memotretnya. Namun ada beberapa kelebihan jika kita sering menulis.

Pertama, menulis akan membuat kita lebih kreatif. Sebuah buku catatan adalah bukti nyata jika menulis akan membuat kreatif. Dengan menulis ada daya imajinasi dan nalar karena apa yang kita dengar akan kita saring ulang dengan bentuk tulisan yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Sebagaimana halnya sebuah ilmu jika kita tuliskan akan lebih bermakna dan terkesan, saat kita lupa kita akan mudah mengingatnya dengan tulisan tadi. Jadi sangat lah berguna sekali menulis ilmu, ingatan akan proses dan perjuangan mendapatkannya begitu terasa. Bahkan jika sekarang kalian masih menyimpan buku catatan pelajaran waktu SD atau SMP kalian pasti akan tertawa lucu melihatnya. Teringat wajah guru, teman sebangku, keusilan dan berbagai kenangan masa itu.

Kedua, menulis adalah sebuah warisan. Dengan menulis banyak hal dari ilmu yang kita dapat maka kita juga akan mewarisi ilmu itu ke generasi berikutnya. Banyak orang dimasa lalu masih tetap diingat sampai sekarang karena tulisan mereka. Lihat saja, diberbagai universitas para mahasiswa akan disuruh untuk membuat sebuah karya tulis. Karya tulis yang nantinya akan menjadi sebuah kenang-kenanagan dari perjuangan yang telah mereka lakukan semasa kuliah. Dan akan menjadi sebuah bukti bahwa meraka mampu menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat dimasa depan. 

Jadi menulis sangatlah berguna, apalagi menulis ilmu. Ilmu adalah warisan, dan warisan itu agar tetap lestari harus dituliskan, ditulis agar bisa dibaca banyak orang. Menulislah, tuliskanlah ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

TAFAKUR( pikir dan dzikir)

Bunga? Coklat? Puisi? CinTa???

see you next time